Minggu, 13 Mei 2012

Panduan Perjalanan Bagi Penyandang Epilepsi




INSTRUKSI PERTOLONGAN PERTAMA

- Apa yang perlu anda lakukan saat Saya mendapat serangan dengan guncangan keras.

1. Tolong lindungi kepala saya.
2. Jangan tahan atau batasi gerakan saya kecuali saya dalam keadaan berbahaya.
3. Jangan meletakkan sesuatu di mulut saya, khususnya jari anda.
4. Saat serangan selesai bicaralah padaku dan letakkan saya di tempat dimana saya bisa bernafas.
5. Biarkan saya istirahat ketika serangan berakhir.

Catatan :
Tidak selalu anda harus menghubungi petugas kesehatan kecuali serangannya terlalu lama dari biasanya untuk saya, atau bila saya ada kejang berguncang setelah serangan yang satu dengan yang laiinya.

- Apa yang perlu anda lakukan bila saya mendapat serangan tanpa guncangan.

1. Jangan pegangi saya dengan keras kecuali saya dalam keadaan bahaya.
2. Pantau kondisi saya bila serangan berulang.
3. Tinggallah bersama saya hingga saya benar-benar menyadari yang terjadi dan bisa berbicara pada anda.
PENGOBATAN

Lanjutkan melakukan pengobatan anda dengan interval yang sama. Cek perbedaan waktu pada daerah tujuan anda sebelum anda berangkat dan sesuaikan waktunya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Bicaralah pada dokter anda sebelum bepergian bila anda tidak yakin.

Bawalah selalu resep obat-obatan anda dan surat dari dokter anda dengan kondisi anda secara detail di tas tangan anda. Simpan obat-obatan anda di packing aslinya. Periksa setiap batasan dari jumlah obat yang anda bisa bawa sebelum anda bepergian.

Bawa serta resep dokter anda sehingga anda bisa mendapat obat saat anda bepergian. Di negara tertentu anda mungkin perlu resep dari dokter lokal, jadi ketahuilah nama generik obat-obatan itu. Anda bisa cek hal ini di website ILAE, www.ilae-epilepsy.org/Visitors/Centre/AEDs

BIla anda perlu vaksinasi untuk daerah tujuan anda, tanyalah dokter anda apakah vaksinasi tersebut akan berefek pada obat anti epilepsi anda atau tidak.

Hindari alkohol dan tidurlah yang cukup.

SARAN UMUM

Periksalah peraturan keamanan terbaru dari daerah tujuan anda di tiap airport. Peraturan ini bisa berubah setiap saat.

Bawalah obat-obatan yang cukup selama rentang perjalanan anda.

Pastikan durasi tidur anda tidak terganggu sebelum atau selama perjalanan.

Bila anda perlu fasilitas travel tertentu seperti diet, transportasi, dsb, pastikan anda menghubungi agen perjalanan anda untuk mengaturnya dengan baik dengan airline.

MINUMAN

Saat anda menghindari dehidrasi saat bepergian, khususnya saat di daerah panas, anda harus ingat bahwa terlalu banyak minum juga tidak baik karena terlalu banyak cairan bisa mengakibatkan serangan.

Alkohol bisa berdampak pada obat anti epilepsi. Hindari minum alkohol terlalu banyak, dan ingatlah bahwa saat liburan, panas bisa meningkatkan efek dari alkohol.

MAKANAN

Cobalah makan secara teratur karena gula rendah kalori bisa menyebabkan serangan. Bawalah makanan ringan dengan anda saat anda bepergian untuk jarak yang tidak tentu dan berperiode panjang.

TIDUR

Bepergian ke luar negeri bisa sering mengganggu waktu tidur. Usahakan tidur dengan jumlah waktu yang sama.

JALAN-JALAN

Berilah perhatian yang sama terhadap diri anda sendiri dengan memberikan perlakuan yang sama seperti anda berada biasanya.
- Bersepeda : pakailah helm, dan hindari jalan raya yang sangat sibuk.
- Berjalan : hindari berjalan terlalu dekat dengan sisi trotoar dan berhati-hati saat dekat dengan air. Menyebranglah di tempat yang telah disediakan.
- Kendaraan Umum : jauhi pinggiran pintu bis/kereta, jangan naik ke atas bis.

AKOMODASI

Sebelum memesan akomodasi periksalah apakah bisa memenuhi standar kebutuhan anda. Contoh : lantai dasar, kursis roda, elevator untuk tiap lantai yang lebih tinggi, sebuah shower di tiap kamar mandi.

KEHIDUPAN MALAM

Club malam dan beberapa bar mungkin berisiko bagi anda karena adanya photo-sensitif epilepsi, kalau ya, maka lebih baik hindarilah bar/bar.

KESEHATAN

Beberapa obat dari penyakit lain mungkin bisa berefek pada obat anti eplepsi anda termasuk diare dan infeksi. Anda lebih baik mendapatkan pengobatan medis kalau anda menderita kedua penyakit tersebut lebih dari 24 jam.



Fadjar
www.ina-epsy.org
Sumber : The Traveller's Handbook for people with epilepsy


Kategori

abc Epilepsi (5) Acara Epilepsi (1) acara TV (1) adsense (1) Album Photo (1) apa itu epilepsi (4) bagaimana epilepsi (2) Berdamai Dengan Epilepsi (1) bisnis internet (1) buku (1) buku epilepsi (1) buletin rutin YEI (2) carbamazepine (1) Carbamazepine; luminal (1) cerita epilepsi (5) clobazam (1) Data Anggota (1) Data BASS anggota (1) Diet Ketogenik (6) Donasi (3) Donatur (1) epilepsi (3) epilepsy and food combining (1) Fun Walk (2) Fun Walk 2015 (3) Ganggua Penyerta (1) halal bil halal (3) Hari Epilepsi Internasional (2) Himbauan (1) HUT Yayasan Epilepsi Indonesia (3) HUT YEI 2016 (1) Idul Fitri (1) Jaknews (1) kartu anggota (1) Keanggotaan (1) Kebiasaan Mengkonsumsi Obat (1) kegiatan (16) kelangkaan obat (1) Kepengurusan (2) Kerjasama (1) ketrampilan (4) Kiat (2) komunitas (2) Komunitas Debosi (2) komunitas peduli epilepsi (2) komunitas peduli epilepsi Bandung (1) Konferensi (1) Konferensi Nasional Epilepsi 2016 (1) Media Massa (18) menikah (1) Misi YEI (2) Nomor ID YEI (1) Olah Raga (1) opini (1) pemeriksaan darah (1) Pendaftaran Anggota YEI (1) Pendataan anggota YEI (1) Pengobatan Epilepsi (1) Pertemuan (5) Pertemuan Rutin (9) Pertemuan Rutin epilepsi (1) prodia (2) Puasa (2) purple day (3) purple day 2013 (2) Purple Day 2014 (3) purple day 2017 (1) Resolusi WHO (1) Seminar (12) seminar epilepsi (4) survey (1) tabel (1) Tahun Baru (1) talk show epilepsi (1) tata laksana epilepsi pada penderita Dewasa (1) Terapi Epilepsi (2) tips (1) Tulisan bebas (7) Ucapan Idul Fitri (1) ulang tahun YEI (2) Wirausaha (1)

Purple Day - 26 Maret