Jumat, 06 Januari 2012

Strategi Menghadapi Epilepsi : SABAR



"Saya bosan, tidak boleh berenang."

"Saya bosan harus minum obat setiap hari."

"Saya bosan bila sedang senang dan merencanakan sesuatu tiba-tiba harus kejang sehingga rencana saya gagal."

Begitulah kira-kira keluh kesah yang sering saya dengar dari teman-teman penyandang epilepsi. Putus asa, bosan, bahkan beberapa ada yang menyalahkan diri sendiri dan bahkan hampir bunuh diri. Perilaku demikian tidaklah berlebihan karena hal itu juga dialami oleh Cassidy Megan, pendiri Purple Day. Megan merasakan segala macam bentuk kesendirian, kesunyian, dan berbagai macam perasaan pilu yang mendera penyandang epilepsi. Akhirnya mendirikan Purple Day untuk mendukung para penyandang epilepsi.


Epilepsi yang anda atau putra-putri anda sandang sekarang sudah terjadi. Berhentilah mencari kambing hitam mengapa terjadi. Alangkah baiknya mulai memikirkan bagaimana selanjutnya. Tentu saja untuk perjuangan ini diperlukan kesabaran, karena epilepsi bukanlah sesuatu yang bisa sembuh semalam tapi memakan waktu,  tenaga, perasaan, serta biaya.

Sabar, adalah kunci utama untuk pemecahan masalah ini. Dengan sabar kita akan mengetahui kira-kira apa yang dikehendaki oleh Yang Maha Kuasa sehingga diri anda atau anak anda mendapat epilepsi dalam hidupnya.

Bagi yang bergama Islam mungkin perlu merenungi ayat berikut : At Taubah : 56 "Sekali-kali tidak menimpakan kepada kami melainkan apa yang ditetapkan Alloh. Dialah pelindung kami." Artinya epilepsi yang anda atau anak anda sandang adalah ketetapan Alloh. Tugas anda adalah bersabar. Sabar itu apa?

Sabar ialah menerima taqdir yang diberikan Yang Maha Kuasa sambil terus mengerjakan dan berharap kepadaNya agar diberikan kebaikan di balik peristiwa yang terjadi. Epilepsi hanyalah satu dari jutaan penyakit yang menimpa manusia. Manusia hanyalah satu makhluk dari jutaan makhluqNya di bumi.Bumi hanyalah satu planet dari jutaan planet di galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda hanyalah satu dari jutaan galaksi yang ada di jagad raya. Siapa pemilik dan pencipta semua ini? Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Jadi kalau Yang Maha Penyembuh ingin menyembuhkan epilepsi yang anda atau putra-putri anda sandang adalah hal yang sangat-sangat-sangat mudah.

Kalau sangat mudah kenapa saya atau anak saya tidak disembuhkan? Inilah rahasiaNya. Kalau kita positif terhadapNya pastilah Dia memberikan kita yang terbaik juga. Dengan epilepsi yang disandang bisa jadi anda atau putra-putri anda sedang dilatih menjadi disiplin, waspada, dan peduli lingkungan atas segala hal kemungkinan yang membahayakan. Dengan adanya epilepsi, bisa jadi anda atau putra-putri anda dilatih mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, bukan makan yang termasuk kategori "junk food" atau makanan yang merugikan kesehatan. Dengan epilepsi bisa jadi anda atau putra-putri anda sedang dilatih tidak melakukan aktifitas yang berbahaya (mohon maaf siapa tahu dengan aktifitas berbahaya itu, usia anda atau putra-putri anda jadi pendek, dikarenakan kecelakaan yang terjadi), maka secara tidak langsung epilepsi menghindarkan anda atau putra-putri dari bahaya. Dengan epilepsi yang disandang bisa jadi akan dibuat kerja yang tidak jauh dari tempat tinggal atau berwiraswata yang tidak perlu meninggalkan rumah. Kalau kita gali masih banyak rahasia-rahasia Alloh yang tidak kita ketahui.

Oleh sebab itu, mari STOP pikiran negatif atas  kondisi yang disandang, lebih baik anda lebih berpositif tinking pada Yang Maha Kuasa, karena tidak ada yang tahu rahasia apa yang sedang disiapkanNya untuk anda atau untuk anak anda.

Semoga bermanfaat.
Fadjar Setyanto


Kategori

abc Epilepsi (5) Acara Epilepsi (1) acara TV (1) adsense (1) Album Photo (1) apa itu epilepsi (4) bagaimana epilepsi (2) Berdamai Dengan Epilepsi (1) bisnis internet (1) buku (1) buku epilepsi (1) buletin rutin YEI (2) carbamazepine (1) Carbamazepine; luminal (1) cerita epilepsi (5) clobazam (1) Data Anggota (1) Data BASS anggota (1) Diet Ketogenik (6) Donasi (3) Donatur (1) epilepsi (3) epilepsy and food combining (1) Fun Walk (2) Fun Walk 2015 (3) Ganggua Penyerta (1) halal bil halal (3) Hari Epilepsi Internasional (2) Himbauan (1) HUT Yayasan Epilepsi Indonesia (3) HUT YEI 2016 (1) Idul Fitri (1) Jaknews (1) kartu anggota (1) Keanggotaan (1) Kebiasaan Mengkonsumsi Obat (1) kegiatan (16) kelangkaan obat (1) Kepengurusan (2) Kerjasama (1) ketrampilan (4) Kiat (2) komunitas (2) Komunitas Debosi (2) komunitas peduli epilepsi (2) komunitas peduli epilepsi Bandung (1) Konferensi (1) Konferensi Nasional Epilepsi 2016 (1) Media Massa (18) menikah (1) Misi YEI (2) Nomor ID YEI (1) Olah Raga (1) opini (1) pemeriksaan darah (1) Pendaftaran Anggota YEI (1) Pendataan anggota YEI (1) Pengobatan Epilepsi (1) Pertemuan (5) Pertemuan Rutin (9) Pertemuan Rutin epilepsi (1) prodia (2) Puasa (2) purple day (3) purple day 2013 (2) Purple Day 2014 (3) purple day 2017 (1) Resolusi WHO (1) Seminar (12) seminar epilepsi (4) survey (1) tabel (1) Tahun Baru (1) talk show epilepsi (1) tata laksana epilepsi pada penderita Dewasa (1) Terapi Epilepsi (2) tips (1) Tulisan bebas (7) Ucapan Idul Fitri (1) ulang tahun YEI (2) Wirausaha (1)

Purple Day - 26 Maret