Sabtu, 26 Maret 2011

Purple Day



Purple Day





Sejak tahun 2008, setiap tanggal 26 Maret selalu diperingati sebagai ‘Purple Day’ yang biasanya diisi dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyakarat tentang epilepsi di sekitar mereka, dan juga sebagai bentuk dukungan social bagi para Orang Dengan Epilepsi (ODE) untuk berani keluar dari ‘tempat persembunyiannya’ selama ini. Seperti yang kita ketahui, stigma negatif tentang gangguan epilepsi menyebabkan adanya kesalahpahaman dalam masyarakat tentang epilepsy, dan berujung pada diskriminasi pada ODE. Untuk mengatasi masalah ini, digagaslah program Purple Day. Tahun lalu (2010) banyak masyarakat dari berbagai wilayah negara (terkecuali Antartika) berpartisipasi dalam kegiatan ini. Harapannya, tahun 2011 ini acara peringatannya dapat lebih meriah lagi.

Purple Day diawali dari sebuah inisiatif dari ODE berusia 9 tahun bernama Cassidy Megan dari Kanada, dengan dibantu oleh Epilepsy Association of Nova Scotia (EANS). Warna ungu (purple) dipilih sebagai simbol karena dianggap dapat mewakili warna bunga lavender. Bunga lavender seringkali diasosiasikan dengan “kesunyian”, di mana hal ini dapat mewakili perasaan terisolasi pada ODE. Tujuan Cassidy adalah untuk memberi kabar pada seluruh ODE bahwa : YOU ARE NOT ALONE!

Ada berbagai macam kegiatan yang diadakan di seluruh dunia untuk memperingati Purple Day tahun ini. Di berbagai kota di Amerika Serikat diadakan jalan bersama, 5k run, meet and greet, family celebration. Di Belanda diadakan pertemuan pertemuan. Di Republik Ceko diadakan lomba puisi dan turnamen bowling. Di London diadakan seminar yang diisi dengan berbagai presentasi tentang epilepsi. Kegiatan yang mirip juga diadakan di Kenya, India, Lebanon, dan Australia. Jika anda ingin mengakses informasinya, silahkan klik http://www.purpleday.org/aboutus.php

Sayangnya untuk kegiatan di Indonesia karena satu dan lain hal, belum bisa diselenggarakan tanggal 26 Maret ini. Rencananya akan ada kegiatan YEI bulan April dan Mei mendatang. Jika nanti sudah pasti tanggalnya, akan segera kami umumkan. Sampai bertemu di pertemuan YEI selanjutnya.

Kategori

abc Epilepsi (5) Acara Epilepsi (1) acara TV (1) adsense (1) Album Photo (1) apa itu epilepsi (4) bagaimana epilepsi (2) Berdamai Dengan Epilepsi (1) bisnis internet (1) buku (1) buku epilepsi (1) buletin rutin YEI (2) carbamazepine (1) Carbamazepine; luminal (1) cerita epilepsi (5) clobazam (1) Data Anggota (1) Data BASS anggota (1) Diet Ketogenik (6) Donasi (3) Donatur (1) epilepsi (3) epilepsy and food combining (1) Fun Walk (2) Fun Walk 2015 (3) Ganggua Penyerta (1) halal bil halal (3) Hari Epilepsi Internasional (2) Himbauan (1) HUT Yayasan Epilepsi Indonesia (3) HUT YEI 2016 (1) Idul Fitri (1) Jaknews (1) kartu anggota (1) Keanggotaan (1) Kebiasaan Mengkonsumsi Obat (1) kegiatan (16) kelangkaan obat (1) Kepengurusan (2) Kerjasama (1) ketrampilan (4) Kiat (2) komunitas (2) Komunitas Debosi (2) komunitas peduli epilepsi (2) komunitas peduli epilepsi Bandung (1) Konferensi (1) Konferensi Nasional Epilepsi 2016 (1) Media Massa (18) menikah (1) Misi YEI (2) Nomor ID YEI (1) Olah Raga (1) opini (1) pemeriksaan darah (1) Pendaftaran Anggota YEI (1) Pendataan anggota YEI (1) Pengobatan Epilepsi (1) Pertemuan (5) Pertemuan Rutin (9) Pertemuan Rutin epilepsi (1) prodia (2) Puasa (2) purple day (3) purple day 2013 (2) Purple Day 2014 (3) purple day 2017 (1) Resolusi WHO (1) Seminar (12) seminar epilepsi (4) survey (1) tabel (1) Tahun Baru (1) talk show epilepsi (1) tata laksana epilepsi pada penderita Dewasa (1) Terapi Epilepsi (2) tips (1) Tulisan bebas (7) Ucapan Idul Fitri (1) ulang tahun YEI (2) Wirausaha (1)

Purple Day - 26 Maret